Friday, May 17, 2013

Ayo gunakan Open Source


      Disaat pertama-tama memulai menggunakan Linux, saya tertarik sama temen satu kostku yang memakai linux dan saya pun ikutan mencobanya, saya agak bingung juga tapi gak patah semangat saya tetap melanjutkan, sampai-sampai semua data-data di pc ku ilang semua.. Saya juga sering masuk-masuk ke komunitas linux buat bertanya dan berbagi pengalaman dengan teman-teman, lama kelamaan saya sangat betah diLinux.
Linux menjadikan banyak persaudaraan… banyak perkumpulan Linux, komunitas, bisa kenal satu sama lain… Saya mulai coba single boot pakek linux saja dan ternyata nyaman juga, mulai dari tugas-tugas kuliah saya kerjakan dengan linux. Contoh dikit tertantang lagi pas waktu ngerjain Manajemen Proyek untuk membuat schedule, pak dosen membagi-bagikan Microsoft project bajakan ke mahasiswanya, aku santai-santai saja dan dalam pikiranku aku harus menemukan alternatif buat ganti tu software ilegal tersebut yang harganya sampai 12juta, ternyata saya menemukan juga namanya Open Project, pemakaiannya sangat mudah sama persis kayak microsoft project,, nekat aja kumpulin tu tugas ke dosen padahal saya sendiri yang ngumpulin pakek software legal tersebut, setelah sekian lama nunggu nilai Ujian Akhir Semester keluar ternyata nilaiku dapat A, dosen pun ternyata mendukung memakai FOSS dan masih banyak aplikasi-aplikasi lain yang mendukung pelajaran kuliah dikampus yang saya pakai, semua bisa diambil secara bebas dan legal, untuk software elektronik pun juga demikian.
     Saya sekarang lagi menyelesaikan tugas akhir/skripsi menggunakan total FOSS dan tidak ada kesulitan sama sekali. Bagi temen-temen kalau bener-bener niat untuk memakai dan mau belajar pasti senang dan nyaman dengan open source dari pada memakai bajakan.
Saya terkesan sekali mengapa FOSS harus digalakkan, karena untuk mengurangi pembajakan yang menelan kerugian negara mencapai USD 1,467 miliar atau sekitar Rp 12,8 triliun dari pajak software tersebut dan setiap tahun di Indonesia pembajakan selalu meningkat, kerugian pun juga meningkat. Kalau kita berani ngomong cinta Indonesia ayo kita tidak memakai yang bajakan.
Dan cita-cita kedepan kalau punya modal banyak, pengen punyai usaha tempat pembelajaran/madrasah dengan basis TI Open Source dan bisa memperkenalkan ke orang-orang disekitar, aminn. Goo Open Source

0 comments:

Post a Comment