Friday, May 17, 2013

SEPUTAR LINUX

"Kenapa sih harus memakai  Open Source Software?" Mungkin pertanyaan ini yang melayang-layang dipikiran Anda sekarang ya? Oke untuk menjawabnya saya akan mengulas 6 Alasan Kenapa harus Open Source Software
  1. Gratis
    Nah keunggulan yang satu ini tentunya tidak dapat disanggah lagi. Kita dapat menggunakan   
    Open Source Software dengan gratis. Benar-benar tidak dipungut biaya. Jadi bagaimana? tertarik?
  2. Tidak melanggar hukum. Seperti yang telah kita ketahui, Undang-Undang hak cipta telah resmi di keluarkan oleh pemerintah. Jadi kita juga tetap harus mematuhinya. Ini hukumnya wajib. Agar kita tidak melanggar UU yang satu ini, menggunakan  Free Open Source Software adalah satu cara terbaik yang bisa dilakukan.
  3.  Bisa diperoleh dengan mudahFree Open Source Software dapat kita peroleh dengan mudah. Seperti halnya Linux. Kita bisa mendownload Linux di internet dengan mudah.
  4. Biaya
    "Hemat biaya? kok bisa?" Bingung ya kok bisa? Ya bisa donk. Untuk alasan yang satu ini jawabannya adalah  poin pertama. Ya benar sekali "GRATIS"  hehehe jadi hemat kan karena kita tidak dituntut buat bayar sedikitpun.
  5. Bisa menggunakan software sesuai keinginannya
    Dengan   
    Free Open Source Software kita bisa bebas menggunakan software sesuai keinginan tanpa takut terjerat UU. Bisa juga digunakan untuk pribadi maupun bisnis.
  6. Bebas mendistribusikan software kepada pihak lain
    Kalau yang satu ini tentu Anda sudah mengerti bukan? Kita bisa bebas memberikan software ini kepada siapapun. 
 
Itu tadi 6 Alasan kenapa menggunakan  Free Open Source Software. Sekarang kita akan bahas 7 keunggulan  Free Open Source Software.


  1. Adanya hak untuk mendistribusikan modifikasi dan perbaikan pada kode.
  2. Ketersediaan source code dan hak untuk memodifikasi
  3. Kesalahan (bugs, error) lebih cepat ditemukan dan diperbaiki
  4. Kualitas produk lebih terjamin
  5. Hemat biaya
  6. Banyaknya tenaga (SDM) untuk mengerjakan proyek
  7. Tidak mengulangi development

Free Open Source Software memang sangat direkomendasikan untuk digunakan. Apalagi di negara tercinta kita ini. Salah satu yang paling terkenal adalah Linux. Untuk mengetahui
Linux berikut saya cuplik sedikit dari Wikipedia yang berbunyi :
 
Nama “Linux” berasal dari nama pembuatnya, yang di perkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang di umumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/ Linux
Linux sendiri merupakan salah satu perkembangan  Free Open Source Software yang sangat populer di kalangan orang-orang pecinta Open Source Software. Berbagai jenis Linux juga sudah muncul di pasaran. Berikut ini beberapa jenis Linux yang ada di antaranya :
  • Linux Debian
  • Linux Redhat
  • Linux Mandrake
  • Linux Caldera Open
  • Linux Slackware
  • Linux SuSe
  • Linux Corel
  • Linux Turbo
  • Linux Ubuntu
  • Linux Fedora
Itulah seputar Linux yang saya tulis pada artikel ini. Semoga bermanfaat.
Thank you Guys.

0 comments:

Post a Comment