Friday, May 17, 2013

SMK Negeri 3 Surabaya


 Bergurulah Pada Yang Sudah Berpengalaman! Begitu Kiranya Pernyataan Yang Tepat Untuk Menggambarkan Peristiwa Yang Terjadi Pada Rabu, 5 April 2012 Lalu Di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Sebanyak 13 Orang Rombongan Dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Surabaya (SMKN 3 Surabaya) Bersua Ke Sekolah Yang Dikepalai Drs. Herijanto Tersebut.
 
 Pasalnya, kehadiran mereka sebagai study comparatif dalam persiapan pembentukan kelas Toyota. Hal ini sangat langka terjadi dan dapat mematahkan stigma masyarakat yang sejauh ini menganggap Surabaya sebagai kota besar dan menjadi barometer sekolah unggulan.
 Rombongan yang diketuai oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, Ahmad Azhari Yuli tersebut membawa rombongan yang terdiri dari ketua program otomotif, guru otomotif serta staf otomotif. Memang hajat SMKN 3 Surabaya ke SMKM Kepanjen adalah spesifik mempelajari pola managemen bengkel otomotif sekolah RSBI di Jalan Kauman ini.
 Menurut sumber sekolah, kehadiran mereka merupakan preparing pembukaan kelas Advance  Toyota. Lebih jauh, standart yang dituntut untuk pembukaan kelas Toyota memerlukan managemen khusus, maka SMKN 3 Surabaya kemudian direkomendasikan oleh penanggungjawab bengkel Toyota, Mas Andy, untuk study comparatif ke sekolah yang sudah memiliki kualifikasi standart kelas Toyota. Pilihan sekolah yang bisa dijadikan ”guru” adalah kelas SMKN di Jakarta dan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen.
  
Sangat Rasional Kalau Kemudian SMK Negeri Di Surabaya Ini Memillih Di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, Di Samping Secara Geografis Lebih Dekat, Biaya Lebih Murah, Juga Karena Dalam Lingkup Pergumulan Sekolah Kejuruan, SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Sudah Memiliki Reputasi Yang Sangat Baik.
  
Apa saja yang dipelajari dari SMKM 1 Kepanjen? Sekolah Negeri di Surabaya terrsebut belajar tentang sistem managemen bengkel, kurikulum pembelajaran, penataan material bengkel, serta perangkat pembelajaran. Memang, menurut sumber sekolah, SMK Negeri 3 Surabaya tersebut sedang melakukan renovasi, menurut mereka setelah mengunjungi SMK Muhammadiyah yang memiliki jumlah murid terbesar di Kabupaten Malang ini areal terbatas tidak menjadi kendala menjadi bengkel yang apik asal memiliki managemen yang baik. Amin SMKM

SMK NEGERI 3 surabaya dahulu bernama STM NEGERI 3 Surabaya, dan berdiri tahun 1955.

Dulu beralamat di Jl. Patua No. 26 Surabaya, sejak tahun 1973 SMK Negeri 3 pindah alamat di Jl. Jend. Ahmad Yani Gayungan Surabaya.

SMK Negeri 3 Surabaya berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008, dan menjadikan SMK Negeri 3 sebagai lembaga pendidikan yang pertama kali menerima sertifikasi ISO 9001:2008.


Jurusan SMK Negeri 3
- TEKHNIK GAMBAR BANGUNAN
- TEKHNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK
- TEKHNIK PERMESINAN
- TEKHNIK KENDARAAN RINGAN
- TEKHNIK AUDIO VIDEO
- TEKHNIK MULTIMEDIA


0 comments:

Post a Comment